Keunikan Desain Mesjid “Ground Zero” (Ground Zero Mosque)

Walau masih muncul pro kontra oleh warga New York namun proses pembangunan masjid di Ground Zero bekas menara kembar World Trade Centre (WTC) jalan terus. Bahkan desain bangunan  yang akan menjadi pusat komunitas Islam dan masjid di New York tersebut telah beredar.

Bangunan yang terletak dua blok dari monumen lokasi serangan 9 September  berdesain futuristik, memiliki 16 lantai dan “dibungkus” seperti sarang lebah berbentuk abstrak.

Inilah Rancangan Masjid Ground Zero yang Bakal Dibangun

Rancangan bangunan Islamic Center di dekat Ground Zero

Beberapa ahli menyebut, desain bangunan ini mirip markas Superman yang  dalam komiknya disebut Fortress of Solitude. Sedangkan ahli lainnya menyebut bangunan ini berbentuk mirip simbol Yahudi Bintang David.

Perusahaan dibalik pembangunan pusat komunitas Islam sekaligus masjid menunjukkan bahwa heksagram juga digunakan dalam Islam, sebagai Seal of Solomon, serta dalam agama Kristen dan agama-agama lain.

Sharif El-Gamal, pengembang bangunan ini, mengatakan pihaknya memang ingin memiliki bangunan yang merupakan perkawinan antara arsitektur Islam dan New York City.

“Kami juga ingin melakukan sesuatu yang hijau dan sejuk,” kata Gamal .

Desain yang telah beredar itu juga menunjukkan bangunan ini  memiliki empat lantai sebagai pusat kebugaran, olahraga juga kolam renang. Selain pusat olahraga, ada juga tempat penitipan anak, restoran, sekolah kuliner, studio seni, ruang pameran dan auditorium.

Sedangkan masjid atau ruang shalat untuk Muslim akan berada di dua tingkat di basement. Selain masjid bangunan ini juga akan memiliki ruangan peringatan 9/11 di lantai 12 dan sebuah tempat suci yang terbuka untuk melakukan ibadah bagi semua orang dari semua agama.

Kelompok yang berada di balik rencana pembangunan pusat kebudayaan Islam yang diusulkan di dekat lokasi Ground Zero New York telah merilis apa yang mereka sebut sebagai gambar resmi pertama dari pusat kebudayaan Islam tersebut.

Situs web untuk proyek ini, yang dikenal sebagai Park51 Community Center, mengatakan bahwa “gambar-gambar baru yang menampilkan eksterior yang diperbarui dan memberikan tampilan yang pertama terkait interior Park51 dan memberikan beberapa wawasan tentang bagaimana kita membayangkan proyek ini,”.

Rencana pembangunan akan menelan biaya sebesar 100 juta dolar, termasuk auditorium dengan 500 kursi, ruang kelas dan ruang konferensi, ruang untuk kegiatan sosial, ruang peringatan 9/ 1, kolam renang, pusat kebugaran dan masjid.

Sebelumnya sebagian umat Muslim New York sudah menggunakan situs Manhattan Lower sebagai masjid .

Gambar-gambar dari proyek ini dihasilkan oleh SOMA Architects, yang menurut situs Park51’s sebagai konsultan arsitektur proyek desain.

Desain Masjid di Ground Zero Mirip Markas Superman
Dua kolam yang akan menandai lokasi menara kembar di Museum Nasional 11 September
*dari berbagai sumber

One response to “Keunikan Desain Mesjid “Ground Zero” (Ground Zero Mosque)

  1. Pingback: effective leadership

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s