Duuh, Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei…Kaya Banget?

Siapa yang tak ingin kaya? Dan inilah salah satu orang kaya di dunia. Dan kebetulan dia adalah seorang Islam.

Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei, siapa tak kenal? Ia adalah presiden dari negeri paling kaya di dunia. Terkenal, dan kaya bangeed kale (begitu bahasa anak-anak muda sekarang).

Semua yang ia kenakan dan gunakan terbuat dari emas, atau paling tidak, ada unsur emasnya. Misalnya saja, tempat makannya. Atau baju-bajunya.

Istana sang sultan sangat besar dan megah. Mungkin yang paling mewah di dunia. Terdiri dari 1788 kamar dengan semuanya dilapisi emas dan permata.

Ada 257 kamar mandi—juga masih dengan emas dan perak. Istana Sultan juga mempunyai 650 kamar suite, yang harga furnish-nya masing-masing kamar tidak kurang dari 150.000 euro.

Jadi kalau kita kebetulan bertamu ke istananya, kita akan memerlukan waktu 24 jam sehari-semalam hanya untuk berada di satu ruangan selama 30 detik. Bingung mungkin ya?

Dan garasi yang menyimpan 110 mobil. Sultan Hassanal Bolkiah memang gemar mengoleksi mobil. Pada tahun 1998, Autocar—majalah mobil Inggris—mempublikasikan mobil-mobil Sultan.

Ada Ferrari dan Bentley—yang jumlah kesemuanya itu antara 3000 sampai 6000 buah.

Ia juga sudah masuk buku Guiness World Record atas koleksi mobil Rolls-Royce nya yang berjumlah…. 500 buah, yang tersebar di beberapa negara.

Pesawat terbang Sultan Hassanal Bolkiah merupakan salah satu pesawat yang paling mewah juga. Jangan lupa, betul, dilapisi emas! Pesawatnya, di dalamnya, layaknya istana pula, berharga lebih  dari $120 ribu dollar. Ada kolam renang—dan eh, lagi-lagi dilapisi emas. Sultan juga punya enam pesawat lain yang “kecil” dan dua helikopter.

Ketika anak gadisnya menikah, pestanya berlangsung selama 14 hari 14 malam, dengan menghabiskan biaya $ 5 juta dollar.

Pernikahan itu  dihadiri oleh lebih dari 25 kepala negara dan anggota keluarganya.

Ambooi, Sultan….. (sa/berbagaisumber)

One response to “Duuh, Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei…Kaya Banget?

  1. Ia… dalam 4 buah negara Nusantara (Brunei, Indonesia, Malaysia dan Singapura). Negara Brunei adalah antara negara yang paling berjaya di dunia. Masakan tidak, kita jarang dengar konflik yang berlaku di negara Brunei. Semuanya aman dan sentosa. Jangan kaget ya, di sana ngak ada klab atau disko. Malah, arak juga dilarang bawa masuk. Turist yang mampir ke negara tersebut harus menghabiskan arak atau bir yang dibawa sebelum memasuki negara itu. Negara Brunei juga amat kuat pegangan Islamnya. Bukti, tulisan Jawi adalah tulisan resmi di negara tersebut. (Kok Indonesia juga gitu ya… bisa nulis pake huruf Jawi?). Orang Malaysia yang pengen ke sana juga agak sulit karena mata uangnya besar bangat. BND1=MYR2.44. Waduh… mahal…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s