Belum Capek Ngurus Negara Lain, Amerika? Urus Saja Diri Sendiri…

Ketika Presiden AS Barack Obama memutuskan mengirimkan pasukan tambahan ke Afghanistan sebanyak 30.000 lagi, ada sebuah kajian di AS yang cukup mengejutkan.

Pew Research Center menyatakan bahwa 49 persen orang AS berpikir bahwa seharusnya negaranya hanya memikirkan  urusannya saja sendiri dan negara lain mengurus diri mereka masing-masing. Dengan kondisi ekonomi yang bangkrut,  dan Amerika yang seperti sekarang ini, wajar saja jika mereka bepikiran seperti itu. Angka ini naik jumlahnya. Pada Desember 2002, hanya 30 persen saja yang berpikiran seperti itu.

32 persen responden menyatakan mendukung keputusan Obama. Namun 40 persen yang lain menginginkan penarikan kembali pasukan militernya dari Afghansitan, 46 persen mengatakan bahwa pemerintah Afghan harus membuktikan diri bahwa mereka bisa mengurus diri sendiri dengan cara mengenyahkan para radikal (hmm, siapa yang radikal sebenarnya?).

41 persen menyatakan bahwa AS hanya berperan sedikit sekali dalam kancah internasional dibandingkan sepuluh tahun yang lalu.

Lembaga survai ini menyatakan bahwa rasa sentiment ini muncul dari rakyat AS dikarenakan krisis ekonomi yang berkepanjangan. Selain di Afghansitan, perang Iraq juga tidak menyenangkan buat rakyat Amerika.

44 persen menyatakan bahwa China sekarang tengah memimpin kekuasaan ekonomi global. Hanya 27 persen yang percaya bahwa AS masih dianggap sebagai raksasa ekonomi dunia.

51 persen responden menyatakan bahwa mereka lebih suka Israel daripada Palestina, dan 12 persen saja yang menyatakan simpatinya kepada Palestina. Seperlima responden menyatakan tak punya opini tentang survei itu.

Polling ini melibatkan 2000 orang partisipan, dimuali dari 28 Oktober sampai 8 November 2009 kemarin. Jadi, mulai capek mengurus dunia dan ikut campur urusan orang lain?

Pengangguran di Amerika Serikat Lebihi 10 Persen

Setahun pasca terpilih, Presiden Amerika Serikat Barack Obama kini menyadari semakin sulit membenahi kebijakan ekonomi yang telah jatuh saat masa kepemimpinan sebelumnya George W Bush.

Obama juga mengakui, untuk kembali memberi jaminan kerja kepada warga Amerika yang kini telah menganggur, juga cukup sulit. Meski pertumbuhan ekonomi merangkak naik di akhir kuartal tahun ini, serta resesi ekonomi yang telah berakhir, namun tetap saja angka pengangguran terus bertambah.

Namun sejak terpilihnya Obama pada akhir 2008 hingga Oktober 2009, angka pengangguran di Amerika sudah berkurang sepertiga. Namun jumlah pengangguran di Amerika masih melebihi 10 persen, tepatnya 10,2 persen. Hal itulah yang memusingkan Obama. Karena yang perlu ditekankan adalah, saat ini 15 juta warga Amerika menganggur, 3,5 juta diantaranya menganggur karena terkena pemecatan.

“Mau tidak mau, itulah kenyataannya, dan persentase itu tak akan turun sebelum masyarakat yang menganggur kembali kerja, atau Amerika dapat memberi modal bagi warga yang ingin membuka usaha,” kata Obama kemarin (Jumat, 6/11).

Padahal, Obama telah mengeluarkan anggaran khusus US $24 miliar untuk membantu meringankan beban mereka yang kehilangan pekerjaan, serta memacu daya beli masyarakat.

Menurut Ketua Komite Ekonomi Kongres Amerika dari Partai Republik Carolyn Maloney, sebaiknya Partai Demokrat mulai memikirkan infrastruktur bank yang dapat menciptakan usaha kecil di masyarakat. Karena menurutnya, Demokrat selama ini hanya memikirkan bagaimana meloloskan dana stimulus sebesar US $787 miliar dari kongres.

Pakar ekonomi di Amerika memprediksi persentase pengangguran di Amerika berpotensi naik hingga 10,5 persen tahun depan. Namun tim ekonomi Obama yakin tahun depan persentase tersebut akan turun hingga 8 persen, dan pada 2011 pengangguran akan berakhir. (sa/haaretz)

One response to “Belum Capek Ngurus Negara Lain, Amerika? Urus Saja Diri Sendiri…

  1. Songs From Guantanamo Jail

    “Dan Serangan Rudal2 Balistik Tak Kesat Mata : RESESI EKONOMI dan dampak Pengangguran Amerika Naik Ke Level Tertinggi Karena Pertumbuhan Yang Lemah ”

    http://2i2h.multiply.com/journal/item/912/Dan_Serangan_Rudal2_Balistik_Tak_Kesat_Mata_RESESI_EKONOMI_dan_dampak_Pengangguran_Amerika_Naik_Ke_Level_Tertinggi_Karena_Pertumbuhan_Yang_Lemah_

    بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
    Ali Imran 160.
    Jika Allah menolong kamu, maka tak adalah orang yang dapat mengalahkan kamu; jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu (selain) dari Allah sesudah itu? Karena itu hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakkal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s