Muslim Slavia di Eropa

Masyarakat Slavia adalah rumpun etnis-etnis yang bermukim di kawasan tengah dan timur benua Eropa. Mereka diperkirakan berasal dari padang rumput Asia dan datang bersamaan dengan penyerbu-penyerbu dari timur pada abad ke-2 dan 3. Awalnya mereka bermukim di sisi timur Pegunungan Carpathia (wilayah Slowakia, Hungaria dan Ukraina), untuk kemudian berpencar ke arah timur, barat dan selatan. Bangsa Slavia yang berpindah ke timur menurunkan etnis Rusia, Ukraina dan Belarus. Sedangkan yang berpindah ke arah selatan, melahirkan etnis Slovenia, Kroasia, Bosniak, Serbia, Macedonia dan Bulgaria. Kemudian yang tinggal di barat dan masih kerasan di tanah becek warisan leluhurnya melahirkan bangsa Polandia, Ceko dan Slowakia.

Meskipun pada akhirnya mereka berbeda suku dan budaya karena keterisolasian dan perpindahan tadi, namun secara umum kelompok-kelompok Slavia tadi tetap mempunyai kesamaan dalam bahasa dan unsur budaya dasarnya. Kelompok terbanyak adalah etnis Russia yang mencapai jumlah sekitar 100 juta jiwa dan tersebar dari Kaliningrad di Laut Baltik hingga Yukaghir di Asia Timur Jauh. Umumnya kaum Slavia menganut agama Nasrani, terutama Ortodoks dan Katolik Roma.

Namun demikian, terdapat suku-suku Slavia yang menganut Islam. Islam mulai masuk ke dalam kelompok-kelompok Slavia, terutama di kawasan Balkan semenjak abad ke 15, tepatnya pada masa pendudukan Kekalifahan Turki Usmaniyah di kawasan ini. Mereka dijumpai di kawasan Bosnia-Herzegovina, Sandzak (Serbia), Pljevlja (Montenegro), Serbia selatan, Macedonia, Bulgaria bagian selatan dan timur, serta Yunani bagian timur laut. Pada awalnya mereka menganut sekte Bogomil yang merupakan campuran antara Kristen (krstjani) dan Manichaeisme yang dianggap sesat oleh gereja Katolik Kroasia dan Ortodoks Serbia. Nah, mengapa mereka menganut agama Islam ini masih kabur, namun ada beberapa sebab yang mungkin melatar belakangi masuk Islamnya kalangan Slavia ini.

a. Hilangnya kontrol gereja atas Gereja Bosnia pada masa itu, sehingga karena tekanan-tekanan dari Katolik dan Ortodoks itu mereka menganggap kaum Turki sebagai pembebas, dan karena banyak kesamaan antara ajaran mereka dengan agama yang dianut pasukan Turki, maka khususnya kelompok Bosnia berbondong-bondong masuk Islam.

b. Banyaknya anak-anak dari keluarga Kristen yang dibawa Turki ke Istambul untuk dilatih sebagai prajurit yang disebut janisari dan masuk Islam. Sistem ini disebut sebagai devsirme. Mereka hingga tahun 1566 tidak diperbolehkan menikah, dan ini tidak mempengaruhi populasi Muslim Slavia secara signifikan.

c. Jaminan pembebasan dari pembayaran jizyah atau pajak yang biasa dibebankan kepada kaum non-Muslim, sehingga banyak kalangan Muslim Slavia terutama Bosniak yang dulu merupakan tuan-tuan tanah dan mendapat hak istimewa pada masa Kekhalifahan Usmani.

Kelompok Muslim Slavia ini terbagi menjadi :

Bosniak , kelompok ini adalah Muslim Slavia terbesar dari segi jumlah. Terpusat di kawasan Bosnia-Herzegovina, Sandzak-Serbia, Pljevlja-Montenegro, Serbia Selatan. Sebagian terpencar-pencar di Kroasia, Slovenia, Macedonia, Kosova, Albania dan negara-negara lainnya, dengan jumlah total 2,5 juta jiwa. Populasi mereka mencapai 44% di Bosnia-Herzegovina dan merupakan korban dari pembersihan etnis yang dilakukan oleh Pasukan Serbia.

Pomak. Kelompok ini bermukim khususnya di kawasan pegunungan Rhodopes, khususnya di distrik-distrik Smolyan, Pazardzik, Kurdzhali, Blagoevgrad dan Lovech, Bulgaria, serta wilayah Rodhope dan Xhanti, Yunani. Disamping itu, terdapat sekitar 120.000 kaum Pomak yang bermukim di Turki, namun telah diTurkikan. Bahasa yang dipakai adalah bahasa Bulgaria dan merupakan keturunan orang-orang Bulgaria yang masuk Islam pada abad ke-16 dan 18.

Gorani. Muslim Slavia ini bermukim di kawasan Gora di sebelah selatan Prizren, Kosova dengan populasi sekitar 20.000-64.000 jiwa sebelum konflik Kosova pecah di tahun 1999. Mereka juga dijumpai di Macedonia (Sar Planina di bagian barat), Serbia Timur, Bulgaria hingga Turki. Bahasa yang dipakai disebut Goranski. Kelompok Gorani masuk Islam pada abad ke-18, dan masih ditemukan kelompok Gorani Kristen hingga pertengahan abad ke-19.

Torbeshi. Kelompok ini terkonsentrasi di Macedonia, berbahasa Macedonia dan menyatakan asli Macedonia yang beragama Islam, dan menurut sensus 1994, populasi kaum Torbeshi ini mencapai 15.110 jiwa.

Dari segi kebudayaan mereka banyak dipengaruhi budaya Turki dan Arab disamping budaya Slavia yang kental dalam hidup sehari-hari. Sepanjang sejarahnya, mereka kerap mendapat perlakuan diskriminatif pasca kekhalifahan Usmaniyah, seperti misalnya di Bosnia, pada masa kekuasaan Yugoslavia hingga tahun 1992, Bosniak dikategorikan sebagai “Muslim nation”, karena tidak diaku sebagai kelompok terpisah. Hal yang sama juga terjadi di kalangan Muslim Slavia lainnya di berbagai negara Balkan, dan hanya di Macedonia-lah mereka diakui sebagai kelompok etnis terpisah, yakni Torbeshi.

Aliran Islam yang dianut Muslim Slavia juga beragam (meski ada sekelompok kecil orang Bosniak yang atheis, agnostic atau deitik). Mayoritas menganut mazhab Sunni Hanafi dengan sejumlah minoritas mengikuti 6 tarikat seperti Helveti, Qadiriyah, Sinani, Rufa’i, Naqsyabandiyah dan Malami. Sedangkan selebihnya mengikuti aliran Bektashi yang merupakan bagian dari Syiah, meski berakar dari Sunni. Aliran ini berasal dari Turki dan berkembang pesat di kawasan Balkan.

Demikian gambaran kecil tentang Muslim Slavia dari berbagai sumber yang saya ketahui, dan akan dilanjutkan dalam tulisan berikutnya.

One response to “Muslim Slavia di Eropa

  1. Pingback: Muslim dan Identitas Islam Serta Populasinya di Eropa « Rasulullah Mengangkat 12 Khalifah/Imam Sebagai Pengganti Dirinya… Sambutlah web syi'ah imamiyah terlengkap di Indonesia – Malaysia dan Brunei.. Web ini dialog intelektual sunni

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s