Mesjid Raya Minangkabau Sumatera Barat

MASJID RAYA SUMBAR. Pekerja meneruskan pembangunan Masjid Raya Sumatera Barat (Sumbar), dilatari ukiran Minangkabau masjid di Jalan Khatib Sulaiman Padang, Minggu (8/1/2012). Masjid yang ditargetkan termegah di Sumatera dan dapat difungsikan menjadi shelter penyelamatan tsunami kapasitas 4000 orang itu sudah menyedot anggaran Rp146,895 miliar dengan capaian pengerjaan 44 persen, namun pembangunan masih terkendala dana untuk tahap selanjutnya membutuhkan dana sekitar Rp176,075 miliar.

masjid raya sumbar

Masjid Raya ini fungsinya tidak sebatas rumah ibadah. Bangunan yang berada tak jauh dari Pantai Padang itu, dirancang mampu menahan guncangan gempa mencapai 10 SR dan dapat dijadikan sebagai shelter lokasi evakuasi tsunami, memanfaatkan lantai II dan lantai III masjid.
Masjid tersebut mampu menampung sekitar 20.000 jamaah. Dengan rincian, lantai dasar masjid menampung 15.000 jemaah serta lantai II dan III sekitar 5.000 jamaah.

 

Berkas:West Sumatra Grand Mosque (Development Jan 2012 08).JPG
Mesjid emang benar2 dengan perhitungan matang…..semua aspek diperhitungkan….
Master Plan

Mesjid Raya Sumatera Barat

Masjid Unik Sedunia Di Sumatera Barat. Masjid Raya Sumatra Barat (Sumbar) yang tengah dibangun di Jalan Khatib Sulaiman Padang, akan menjadi salah satu tempat ibadah kaum muslim terunik di dunia.

FotoObjek-mesjid-raya Keunikannya terletak pada bentuk bangunan yang berarsitektur perpaduan moderen dan tradisional rumah adat Minangkabau dengan ciri khas atap runcing, kata Ketua Pembangunan Masjid Raya Sumbar, Marlis Rahman di Padang, Senin.

Selain itu, struktur dan arsitektur bangunan masjid dibangun dengan desain konstruksi anti guncangan kuat sehingga diharapkan aman dari gempa berkekuatan besar.

Masjid Raya Sumbar tengah dibangun dengan ukuran bangunan 18.091 meter persegi di jalan Khatib Sulaiman pada satu sisi dan sisi lain di Jalan K.H Ahmad Dahlan berada di pusat Kota Padang dan membutuhkan biaya pembangunan hingga Rp507,82 miliar.

utama Tempat ibadah ini setelah selesai akan dapat menampung total 20 ribu jemaah itu dibangun pada lahan seluas 40,98 hektar, sedangkan bangunan utama masjid seluas 18.091 meter persegi. dengan dana pembangunan total diperkirakan Rp507,82 miliar.

airjernih halaman halaman6 halaman2

halaman3 mesjid2 mesjid3

mesjid5 mrs mrs11 picture15zt

nih rendering suasana malam di mesjid raya sumbar.

Ternyata ada pusat perbelanjaan juga

Keren banget..
serasa di Town Square..

Posisi payung kembang

yang dibawah ini kolam yang mengalir menuju mesjid…..(kolam ini melewati bawah mesjid dan tembus sampai ke halaman depan mesjid )kerennn bgtt…………

ini adalah bagian luar lantai 2 mesjid perhatikan dengan seksama….dulu rancangan mesjid ini menuai protes dari kalangan masyarakat karena nggak ada kubahnya…..ternyata kubah mesjid itu berada didalam gonjong…(atap rumah adat minang red)….kubah akan lebih hidup dan nampak pada suasana malam hari……

__________________
Go Green City
STOP GLOBAL WARMING!!!

Melihat master plan yang begitu megah, kita sepertinya dituntut untuk tetap optimis dan mendukung terlaksananya pembangunan ini. Dengan terwujudnya Mesjid Raya yang belum memiliki nama resmi ini kita akan memiliki ikon yang merepresentasikan kebangkitan masyarakat Minangkabau. Semoga.

6 responses to “Mesjid Raya Minangkabau Sumatera Barat

  1. Saya sangat menikmati saat membaca, mempelajari dan memahami konsep arsitektur anda. Sangat terintegrasi dengan baik. Selamat Om, sepertinya sudah dalam proses Pembangunan ya? Semoga semuanya lancar dan seluruh rancangan konsep dan detailnya dipatuhi dan diterapkan dengan baik.

  2. boss,,maaf y.. sedikit intrupsi nih,, setau ku tu kolam ngga lewat k bwah mesjid.. kolam depan sm belakang pisah lho..

  3. saya menikmati seluruh isi blog ini tapi maaf maaf bang.. saya ada sedikit masukan untuk artikel yang 1 ini,agar nanti pembaca yg lain tidak salah terima informasi dan terjadi kekeliruan,sebelumnya saya juga ada mengirim komentar di artikel ini tapi mungkin karena jaringan jadi tidak masuk kali y.. kebetulan saya mengikuti perkembangan pembangunan mesjid ini dari awal..
    desain mesjid ini merupakan hasil sayembara desain yg d adakan pemerintah yg bekerja sama dengan pihak IAI (ikatan arsitek indonesi) cabang padang dan sayembara ini dimenangkan oleh perusahaan arsitek URBANE indonesia yg berkantor di Bandung.. URBANE ini juga yg memenangkan sayembara Museum Tsunami di aceh dan lain2.. untuk syembara mesjid ini Leader Arsiteknya adalah bpk.Rizal Muslimin..
    kolam yang abang maksud itu tidak tembus bang.. d gambar memang seperti tembus,,padahal tidak,,kolam itu terpisah..
    dan juga dari yang saya dengar dari pihak total persada sebagai kontraktor,,atas masukan dari DPRD serta tokoh2 masyarakat (saya juga tdk tau alasanya) ada perubahan disain,,jadi nanti tidak seluruhnya mesjid ini terlihat seperti yg ada d gambar.. terutama pada menaranya yg awalnya cm 1 sekarang di tambah menjadi 4 buah..

    • terimakasih gan atas masukannya, nanti akan saya revisi artikel ini setelah saya melihat pembangunannya secara langsung,krn pembangunannya jg belum kelar serta wujud final dari kontruksi jg blum jelas apalagi menjadi 4 menara, dan 1 menara pun belum ada dibangun dan kebetulan jarak mesjid dan rumah saya cuma beberapa ratus meter saja,terimakasih ya gan telah membaca blog saya, salam kenal gan

  4. yang penting pemeliharaannya juga harus ditegakkan, jangan sampai sampah bertebaran, pedagang asongan berjualan sembarangan di areal mesjid yg akan menghilangkan keindahan designnya itu..

  5. Pingback: My Top 5 Favorite Mosque(part 1) | Suriaatmaja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s